Ada kucing doyan duren

Kucing termasuk binatang yang susah dalam hal selera makan, mereka sangat selektip dalam memilih makanan , makanan yang kita makan sehari-hari belum tentu mereka suka apalagi kalau kita makannya suka sayur mereka pasti tidak akan merepoti kita makan.

Makanan kesukaan kucing adalah makanan yang berbahu ikan atau makanan campuran dari ikan, seperti nasi campur ikan asin, nasi campur ayam atau daging atau makanan kering yang bahannya ada unsur ikan seperti, craker untuk kucing yang mengandung konsentrat ikan.

Anak saya mempunyai kucing jenis local 4 ekor masih muda-muda kalau dikonotasikan pada manusia termasuk KBG ( kucing baru gede), mereka sangat lahap kalau makan dengan lauk pindang ( ikan laut segar yang diawetkan dengan garam) dan makannya banyak persis kayak manusia seumurnya (bhs jawa, semego).

Pada suatu saat ketika saya sedang belah duren alias makan duren beneran ke empat anak kucing tersebut ikut nimbrung (menunggui) sambil memperhatikan saya melahap buah duren, sudah biasa keempat kucing itu kalau ada orang makan pasti menunggui sambil matanya menatap bos nya makan. Saya sebetulnua kasihan juga melihat pandangan matanya yang kalau bisa saya artikan “ tuan bagi dong durennya”, mungkin itu yang dipikirkan iseng - iseng saya coba beri satu mata biji durian kepadanya eeh.. dia mau dengan lahahnya biji durian untuk rebutan ke empat kucing itu dijilat-jilat, diputar-putar jilat lagi, digulir jilat lagi sampai daging buahnya bersih tak bersisa, sampai licin itu biji durian, saya penasaran apalah kucing ini memang doyan atau kebetulan karena menurut pengetahuan saya kucing tidak suka makan buah.

Saya coba saya berikan lagi satu biji lagi eh ..masih tetap lahap dan berebut dan biji keduapun licin tak berbekas.., saya makin penasaran lagi ini doyan apa suka ? pikir saya, saya beri lagi satu biji untuk menguji dan mengambil kesimpulan, akhirnya biji ke tiga ludes dijilati kempat kucing anak saya itu.Saya amsih penasaran saya mau buat eksperimen yang keempat saya beri satu lagi biji yang agak besar, dengan semangatnya mereka menjilati sampil mendorong-dorong biji keempat itu akhirnya tandas juga !!.

Yang masih menjadi pertanyaan saya benarkah lucing doyan durian/buah, dan dogma yang selama ini kalau kucing hanya doyan ikan bisa-bisa kita ragukan. Dan peristiwa yang saya temui ini apakah hanya kebetulan yang bersifat kasuistis atau mungkin sebuah fenomena, karena saya tidak menguji kekucing yang lain.

0 komentar: